Cara menghitung kebutuhan BOUWPLANK

Cara menghitung kebutuhan BOUWPLANK - Untuk dapat mengitung pekerjaan dari sebuah bangunan maka dibutuhkan sebuah gambar rencana. Dari gambar tersebut kita dapat merencanakan atau mengestimasi anggaran yang dikeluarkan. Pekerjaan pendahuluan dalam membangun gedung adalah pembersihan, pengukuran, dll. Berikut ini admin akan mengulas sedikit tentang menghitung kebutuhan tanda setelah pengukuran (Bouwplank)
Kegiatan pertama yang harus dilakukan setelah pembersihan lahan adalah pekerjaan pengukuran.
Tujuan utama dari pengukuran adalah membuat pola bangunan pada lokasi proyek dalam ukuran yang sesungguhnya. pengukuran dapat dilaksanakan menggunakan Theodolith dan Waterpass. Hasil pengukuran harus disimpan pada tempat tempat yang permanen dan kokoh. salah satu contoh dalam pembangunan bangunan gedung adalah menggunakan Bouwplank seperti pada gambar di bawah.

Satuan untuk menghitung Bouwplank adalah setiap meter pamjang (m'), yang terdiri dari papan ukuran 2/20 dan kaso 4/6 cm serta paku. Bouwplank diletakan kurang lebih 1 m arah luar dari bangunan atau diletakan pada posisi yang dirasa aman terutama akibat galian fondasi.

Contoh perhitungan kebutuhan Bouwplank
Bowplank dibuat dengan jarak 1 meterdari as bangunan dipasang keliling bangunan. Misal rumah ukuran 6 x 7 , maka volume bowplank adalah (6+1+1) + (7+1+1) =17m. Harga dan kebutuhan material dapat dilihat pada Analisa pekerjaan.

Komentar