Hal-hal penting dalam mendesain rumah

Desain rumah di Indonesia semakin luar biasa , para arsitektur menciptakan karya-karya yang luar biasa sehinggga terciptalah rumah yang enak di pandang tetapi juga memiliki nilai-nilai estetika yang tinggi. Sering kali dalam mendesain rumah para arsitektur Indonesia melupakan nilai tradisional yang memiliki ciri khas bangsa indonesia, ini menyebabkan jarang sekali kita menemui rumah khas-khas tradisional indonesia.
Pada kesempatan kali ini admin akan membagikan hal-hal yang harus diperhatkan dalam membangun rumah tinggal.

1. Desain haruslah fungsional
Fungsional, Sebuah bangunan didirikan untuk memberikan kegunaan bagi pemiliknya. Bukan sekedar untuk di bangun namun kurang memiliki nilai fungsi yang baik. untuk apa kita medesain rumah sedemikian rupa tetapi secara fungsi tidak optimal.

2. Estetika (indah ketika di pandang mata)
Estetika adalah unsur yang kedua ketika seorang arsitek mendesain bangunan. Jadi ketika bangunan tersebut didirikan memberikan nilai plus ketika memandang, bukan sebuah bangunan yang merusak mata, alias merusak pemandangan. Ini adalah ide yang paling dasar di dalam merancang suatu bangunan yang bagus.

3. Dapat di Bangun Secara Teknis
Hal yang wajib menjadi catatan seorang arsitektur adalah ketika merancang sebuah gambar bangunan. Bangunan tersebut dapat di bangun dengan standart teknis sebuah bangunan. Mungkin Anda pernah melihatkan, ada sebuah rancang bangun yang sangat indah secara visualisasi gambar, namun tidak bisa di bangun secara teknis. Jadi ini penting sebagai seorang arsitektur, ketika menggambar sebuah bangunan bisa didirikan dan di bangun sesuai dengan konsep konstruksi bangunan, struktur dan material bangunan.

4. Safety (Keselamatan)
Hal yang wajib berikutnya untuk sebuah bangunan adalah memiliki unsur safety/keselamatan dari penggunaan bangunan itu sendiri. Hal ini sangat penting karena menyangkut nyawa penghuninya.

5. Nyaman
Sebagus apapaun bangunan, namun tidak nyaman percuma saja. Jadi ketika Anda memilih gambar dari karya arsitektur, hal yang wajib diingat adalah unsur kenyaman itu sendiri. Bagus tapi tidak nyaman bukan sebuah pilihan yang tepat, namun bagus dan nyaman adalah unsur yang wajib dalam desain arsitektur banguan.

6. Kontekstual dengan dimana lokasi tersebut di bangun
Beda desain, tentu beda penempatan bangunan tersebut. Gambaran ini mencerminkan sebuah ide yang tepat dengan model dan desain bangunan tersebut didirikan. Misalnya tema dari sebuah perumahan berkonsep Mediteranian minimalis, tentunya kolaborasi ide perumahan yang terbaik adalah mendukung model banguan tersebut secara keseluruhan. Bukan mencampur adukkan model dan desain banguna yang beragam dan aneh-aneh.

7. Efisien dan mudah di bangun
Point yang terakhir dari estetika keindahan dan fungsional dari sebuah desain arsitektur yang memberikan kesan memanusiakan manusia adalah efisien dan mudah dibangun. Buat apa mendesain bangunan yang cukup ciamik, namun tidak efisien didalam proses pembangunannya dan ketika bangunan tersebut di huni. Jadi silahkan mendesain bangunan sebagus apapun asal efisien dan mudah dibangun sesuai dengan kaidah pembangunan bangunan itu sendiri.

Dalam mendesain rumah hal-hal diataslah yang harus diperhatikan supaya dapat memberikan sebuah rumah tinggal yang sempurna baik dari arsitektur, struktur, dan nilai-nilai yang lainnya.Demikian postingan kali ini semoga bermenfaat, baca juga Kelebihan dan kekurangan (Bahan Konstruksi)

Komentar