Cara menghitung Volume Galian Tanah Fondasi

Cara menghitung Volume Galian Tanah Fondasi | Setelah pekerjaan pendahuluan seperti pembersihan lahan, pengukuran dan pemasangan BOUWPLANK, pekerjaan yang harus kita lakukan selanjutnya adalah membuat Fondasi. Pekerjaan fondasi dimulai dari menggali tanah untuk menanamkan fonsadi, karena Fondasi berfungsi sebagai penyalur baban diatasnya seperti beban mati, beban hidup, dll yang ditimbulkan oleh bangunan tersebut atau gaya luar yang bekerja. Berikut ini admin akan mengulas sedikit tentang bagaimana cara menghitung volume galian tanah untuk fondasi.
Cara mengiitung volume galian untuk keperluan pemasangan fondasi batu kali dengan memfaatkan luas trapesium. Bentuk tampang galian dapat bermacam-macam, tergantung jenis tanahnya. Bila jenis tanahnya merupakan tanah lepas (misal pasir), maka luas tampangnya akan semakin besar. Atau dapat dikatakan bahwa luas tampang sangat dipengaruhi oleh sudat longsornya. Untuk galian yang berbatasan langsung dengan lahan tidak bebas (tanah orang lain) maka digunakan galian seperti pada gambar 1 ini bawah ini. Sedangkan untuk lahan bebas seperti gambar 2, volume galian adalah luas tampang dikalikan dengan panjang galian. Luas tampang (1,0 + 1,5) x 0,5 x 1,0 = 1,25 m2. Panjang galian adalah 20 m. Jadi volume galian adalah = 1,25 x 20 = 25 m3.


Perlu diperhatikan bahawa di dalam menghitung volume galian tanah, khususnya pada bangunan yang yang mempergunakan fondasi plat dan menerus, pada pertemuan antara galian arah horizontal dengan arah yang tegak lurusnya, perhitungan galian tanah harus menghindari duplikasi perhitungan pada pertemuan keduanya. Sebaiknya di dalam melakukan perhitungan galian dimulai dari galian fondasi plat dan kemudian baru dihitung galian untuk fondasi menerus. Pada gambar 3, garis terluar dan terdalam adalah betas-batas pola galian yang dihitung.
Demikianlah sedikit tuliasan yang bisa admin sampaikan tentang Cara menghitung Volume Galian Tanah Fondasi, Semoga dapat membantu kawan-kawan semua dalam merancang anggaran untuk membuat subuah bangunan, tetapi yang admin sampaikan diatas hanyalah sebuah contoh dan untuk mengimplikasikan tergantung pada gambar proyek kawan-kawan. Baca juga Cara menghitung kebutuhan BOUWPLANK

Komentar